Biografi dan profil Ts'ai Lun sebagai Penemu Kertas

                                               Biografi Ts'ai Lun - Penemu Kertas


Cai Lun adalah seorang penemu kertas asal Tionghoa yang lahir sekitar tahun 50 M di Guiyang, China. Ia adalah penemu kertas yang hidup pada zaman Dinasti Han pada abad ke 1 dan ke 2 Masehi. Cai Lun mempunyai nama lengkap yaitu Cai Jingzhong dan sering kali dipanggil dengan nama Jingzhong. Selain terkenal sebagai penemu kertas, ia juga terkenal sebagai seorang kasim Cina yang bekerja sebagai pengawal negara di pengadilan kekaisaran.
Hasil gambar untuk biografi ts'ai lun lengkap
Tidak banyak yang mengetahui tentang kehidupan pribadi dari Cai Lun ini sendiri. Cai Lun adalah orang yang mempunyai kepribadian tertutup sehingga orang tidak mengetahui tentang perjalanan hidup yang ia alami. Pada tahun 105 M ia adalah seorang pegawai negeri di pengadilan kerajaan. Pada zaman dahulu kala tulisan dan prasasti biasanya dilakukan pada potongan sutra dan table bambu yang disebut sebagai chih. Namun karena harga sutra yang sangat mahal dan bambu yang sangat berat membuat kedua hal itu jarang digunakan karena sangat susah untuk digunakan.
Hal inilah yang kemudian membuat Cai Lun mempunyai ide untuk membuat kertas yang berasal dari kulit pohon, kain, sisa rami dan jaring ikan. Saat ia membuat kertas dengan menggunakan kulit kayu murbei, ia merendam bagian dalam kayu di dalam air dan kemudian dipukul-pukul sehingga seratnya lepas dari kulitnya. Bersamaan dengan kulit yang direndam dengan air, ia juga merendam kain bekas, bahan rami dan jala ikan sampai akhirnya menjadi bubur. Setelah itu, adonan yang sudah dibuat di tekan hingga tipis dan kemudian dijemur. Setelah kering, inilah yang dijadikan kertas pada zaman dahulu dengan kualitas yang masih sangat minim.
Pada tahun 105 M, ia mempersembahkan penelitiannya itu pada kaisar Han Hedi yang kemudian dicatat dalam sejarah resmi dinasti Han. Atas penemuan yang dilakukan oleh Cai Lun membuat kaisar sangat senang dan kemudian menaikkan jabatan Cai Lun dan mendapatkan gelar kebangsawanan serta menjadi cukong. Penemuan yang dilakukannya ini semakin lama semakin diperbaikinya sehingga menjadi lebih baik lagi meskipun belum sebaik produk kertas saat ini. Setelah membuat banyak kertas, kertas yang dibuatnya itu kemudian dijadikan sebagai media tulis di negeri Cina pada abad ke 3. Hal inilah yang membuat negeri Cina mengembangkan peradabannya melalui literasi dan sastra jauh lebih cepat.
Namun, beberapa lama kemudian ia terlibat dalam komplotan anti istana yang membuatnya dikeluarkan dari kerajaan. Pada tahun 121, cucu dari Consort Song diperintahkan untuk menangkap Cai Lun dan dibawa ke penjara. Namun sebelum ia dilaporkan, Cai Lun bunuh diri dengan cara meminum racun setelah selesai berpakaian jubah sutra halus.

Beberapa hal yang akan terjadi jika Ts'ai Lun tidak pernah ada di dunia :

1. Informasi Takkan Pernah Tersebar Luas Seperti Sekarang
Penggunaan kertas tak hanya sebagai media perekam tulisan-tulisan sains dan seni, tapi juga dipakai sebagai alat penyebar informasi, misalnya saja koran dan majalah. Tanpa adanya kertas bagaimana nasib kedua benda ini? Ya, mungkin saja kita takkan pernah mengenal koran atau pun majalah. Artinya, kita takkan bisa mendapatkan informasi apa pun.
Kita takkan tahu kalau Jepang menyerah dari sekutu yang artinya kita masih tetap dengan mindset terjajah. Tanpa kertas kita juga takkan pernah tahu apa yang terjadi dengan dunia ini. Berita hanya dari mulut ke mulut yang bisa saja tak akurat. Tak seperti koran yang menampakkan tulisan dan juga gambar.

2. Teknik Belajar Pun Berubah Total

Buku sangat penting bagi pendidikan. Meskipun sekarang wacananya paperles dengan menggunakan gadget, tetap saja buku masih jadi alat mengajar utama. Lalu, bayangkan jika kertas tak pernah tercipta. Yang jelas kita takkan pernah memiliki pekerjaan rumah, namun metode belajarnya jadi sangat susah.
Tak ada menulis, untuk mengerti pelajaran kita hanya mengandalkan yang namanya mengingat. Hanya mengingat saja, maka kita akan kesulitan sendiri. Apalagi kalau dalam sehari pelajarannya ada beberapa macam. Serba susah dan akhirnya ilmu pengetahuan pun takkan pernah berkembang dengan sempurna.

Sumber :
https://www.boombastis.com/tsai-lun-tak-pernah-ada/52183
http://profilbos.com/2016/06/09/profil-biografi-cai-lun-penemu-kertas/
Oleh : Amanda Ningrumsari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Guz Azmi yang Harus Kamu Ketahui

SEORANG ASTRONOM MUSLIM DIBALIK PENEMUAN GPS