SEORANG ASTRONOM MUSLIM DIBALIK PENEMUAN GPS


Mariam AL-Asturlabi
SEORANG ASTRONOM MUSLIM DIBALIK PENEMUAN GPS



Hey guys!!Kalian pasti tau GPS kan?GPS banyak digunakan sebagai alat navigasi terutama Kompas,Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu Navigasi yang berfungsi untuk mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk sampai ketempat tujuan yang diinginkan (Jadi kalian gak akan nyasar lagi tuh guys!).Dibalik itu semua ada seorang astronom wanita muslim yang kontribusinya sangat besar dalam penemuan GPS yang sampai saat ini masih terasa kegunaannya sampai sekarang.Mau tau lebih lanjut?Ayo simak lebih jauh tentang astronom tersebut!.

Mariam Al-Ijliya,sang pembuat astrolobe
Mungkin banyak dari kalian yang tidak tau salah satu astronom muslim ini,padahal pengaruhnya sangat besar sekali dalam kemajuan teknologi yang berkembang pada saat ini.

Mariam al-Astrolabiya al-Ijliya hidup pada abad ke-10 di Aleppo, Suriah. Dia merupakan ilmuwan yang namanya dikenal karena merancang dan membangun astrolobe.
Mariam Al-Iljiya atau yang lebih kita kenal dengan Maryam Al-Asturlabi,merupakan salah seorang mujahidah yang sangat sedikit sekali dikisahkan dalam sejarah. Mariam merupakan seorang wanita berprestasi dalam dunia astronomi terutama perannya dalam pembuatan astrolobe.Hal ini dikisahkan dalam bibliografi oleh Al Fihrist Ibnu al-Nadim.





Astrolobe merupakan instrumen astronomi zaman dahulu yang digunakan oleh astronom, navigator, dan astrolog pada era klasik.Pada era Islam abad pertengahan, astrolab terutama digunakan untuk mempelajari astronomi, navigasi, survei, penentu waktu, salat, serta menentukan arah kiblat. Astrolog dari Eropa menggunakan astrolab untuk horoskop.Astrolobe yang kita kenal sekarang adalah Global Positioning System (GPS).

Menurut Prof. Saleem Al-Husaini, yang dikutip dari Arab Times, Mariam adalah muslimah pertama pembuat cikal alat transportasi dan komunikasi untuk dunia modern. Pekerjaan yang dilakukannya cukup rumit dan berkaitan dengan persamaan matematis tapi ia mampu membuktikan kemampuannya dalam bidang ini.

Mariam bisa digambarkan sebagai gadis yang tangguh di zamannya. Ayah Mariam mengasuh anaknya dengan menjadikannya anak magang di tempat ia bekerja, hal yang yang umum di zaman tersebut. Kathleen menilai, Mariam pastilah sangat berbakat dan gigih.

Ayah Mariam adalah murid Bitolus yang kemudian mengajak putrinya bekerja di tempat ayahnya bekerja. Mereka bekerja di istana Sayf al-Dawla di Aleppo, yang memerintah dari 944-967. Ayah Mariam dikenal dengan gelar al-Ijliya al-Usturlabi. Teknik merancang astrolobe yang dimilikinya merupakan sebuah rahasia.Ayahnya merupakan seorang guru astrolobe,tetapi Mariam membuatnya menjadi lebih rumit dan lebih inovatif.Ilmu Astronomi yang ayahnya ajarkan merupakan sebuah tradisi yang memang selalu diturunkan kepada  anaknya.

 Setelah mengetahui rahasia profesinya itu, Mariam diajak ayahnya untuk berguru ke orang yang sama. Mereka berguru pada Bitolus bersama 16 orang insinyur lainnya.

Namun, tidak diketahui di mana dan kapan guru astronomi tersebut berada saat Mariam dan ayahnya berguru. Dalam kisahnya, Bitolus justru merupakan ahli astronomi yang paling terkenal.
Nama al-Ijli diambil dari nama Bani Ijli. Sebuah suku yang merupakan bagian dari Bani Bakr, salah satu Bani Arab dari Rabiah.
Sehingga, Mariam dan keluarganya awalnya merupakan penghuni Najd, di tengah Arabia. Tapi, mereka bermigrasi karena menjadi salah satu Badui yang harus berpindah hingga perbatasan selatan Mesopotamia.

Nah,itu tadi adalah biografi Mariam Al-Asturlabi yang wajib kamu ketahui.Terus ikuti blog kami yang selanjutnya ya!!

Disusun Oleh: Arsy rezkya syaira











                                                                                                              

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Guz Azmi yang Harus Kamu Ketahui

Biografi dan profil Ts'ai Lun sebagai Penemu Kertas